Senin, 11 April 2011

Nama Tuhan

Ketika Tuhan menciptakan langit dan bumi Ia memakai Nama Elohim (sebutan umum yang berarti "Yang Kuat Yang Memimpin"). Tetapi ketika manusia jatuh dalam dosa dan Elohim memberi mereka pakaian dari kulit binatang untuk menutup aib dosa mereka, Ia memakai namaYHWH (yod-he-waw-he) yang dengan rasa hormat dilafalkan sebagai Yahweh (dipercaya sebagai bentuk pengucapan yang paling mendekati menurut pengetahuan saat ini). Dengan demikian, dari konteks Kitab Suci, Tuhan memakai Nama pribadi-Nya, YHWH, dalam hubungan dengan karya penebusan-Nya terhadap manusia dari akibat dosa mereka. Secara etimologis, YHWH berasal dari kata Ibrani hayah (Inggr. to be) seperti yang diungkapkan dalam Ehyeh Asher Ehyeh yang bagi pembaca Ibrani berarti "Aku akan ada yang Aku akan ada". Bagi orang Yahudi penyebutan nama YHWH dengan tidak sembarangan mencakup bukan saja ketepatan ejaan tetapi juga ketepatan lekuk intonasinya dalam bahasa Ibrani (yang tidak dimiliki pada masa kini), karena itu mereka dengan maksud menguduskan Nama-Nya dan menghindari kekeliruan, mereka menyebut Nama itu dengan HaShem.

HaShem menjawab seluruh kebutuhan manusia:
Yahweh Yireh - Adonai Melihat
Yahweh Rapha - Adonai Yang Menyembuhkan
Yahweh Shalom - Adonai Damai Sejahtera Kita
Yahweh Raah - Adonai Gembala Kita
Yahweh Tsidkenu - Adonai Kebenaran Kita
Yahweh Shammah - Adonai Hadir


Walaupun Tuhan menyatakan Nama Pribadi-Nya, Ia juga menyatakan diri-Nya dengan nama-nama (Ibr, shemot) lain seperti El Shaddai, El Elyon, El Gibor; juga Elohim (El dalam bentuk jamak dalam arti sifat-sifat-Nya), Eloah (bentuk tunggal dari Elohim) dan Adonai (Junjungan yang bersifat Ilahi). Nama-nama ini sah digunakan sehingga tidak perlu kefanatikan tertentu dalam penyebutan Nama Tuhan sepanjang tercantum dalam Naskah Asli Kitab Suci
(Sumber: SIDDUR/buku doa Shoresh Mesianic Fellowship)

3 komentar:

  1. http://teguhhindarto.blogspot.com/2011/02/apakah-nama-yahweh-belum-dikenal-di.html

    http://teguhhindarto.blogspot.com/2011/02/mengenai-nama-atribusi-tuhan-oleh-teguh.html

    http://teguhhindarto.blogspot.com/2011/04/benarkah-yahweh-adalah-nama-dewa-bulan.html

    BalasHapus
  2. Shalom. Ada yang tahu dimana bisa baca terjemahan Perjanjian Baru bahasa Ibrani yang pake huruf2 Latin? Jd ada huruf Ibraninya, huruf Latinnya sm terjemahannya semisal שלןם = shalom = peace.

    BalasHapus